JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Media Katalog Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III SD Negeri 4 Meurah Dua Pidie Jaya

Salsabila, Salsabila (Unknown)
Mislinawati, Mislinawati (Unknown)
Hasniyati, Hasniyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar masih berfokus pada guru dan kurang memanfaatkan media pembelajaran yang menarik, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan menulis puisi siswa. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media pembelajaran berupa katalog gambar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media katalog gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SD Negeri 4 Meurah Dua Pidie Jaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 4 Meurah Dua Pidie Jaya yang berjumlah 40 peserta didik. Sampel penelitian terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pre-test dan post-test menggunakan instrumen berupa tes menulis puisi. Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney. Hasil analisis data menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang menandakan adanya pengaruh signifikan antara hasil belajar menggunakan media katalog gambar dan pembelajaran konvensional, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh media katalog gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SD Negeri 4 Meurah Dua Pidie Jaya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...