Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 3 (2025): NOVEMBER 2025

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Puspitasari, Rini (Unknown)
Hodsay, Zahruddin (Unknown)
Mulbasari, Anggria Septiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap minatbelajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode pre-experimental design dengan desain penelitian one-grouppretest and posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 25siswa. Penggunaan video animasi terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS mengalami peningkatan.Hasil angket pretest memperoleh rata-rata 63,68 sedangkan hasil angket posttest memperoleh rata-rata 82,48.Dengan demikian minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS mengalami peningkatan setelah penggunaan videoanimasi. Dari hasil peneilitian dan analisis data diperoleh nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 12,487 >ttabel 1,710 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhpenggunaan video animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...