Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 3 (2025): NOVEMBER 2025

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR

Mailani, Elvi (Unknown)
Ketaren, Maya Alemina (Unknown)
Nainggolan, Yuni Anggriani Br (Unknown)
Fauziah, Alya (Unknown)
Tambunan, Tianur Yelsardaina (Unknown)
Tarigan, Kesia Jesika Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Geometri merupakan materi matematika di sekolah dasar yang berkaitan erat dengan pembahasan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur atau studi kepustakaan (Library Research) dimana studi kepustakaan adalah kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah, literatur-literatur, dan penulis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: faktor kesulitan belajar siswa pada materi geometri, strategi mengatasi kesulitan belajar siswa dalam geometri, dan implikasi penelitian terhadap pemebelajarangeometri. Adapun Kesimpulan dari penelitian ini kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar merupakan masalah yang kompleks dan multidimensional. Faktor-faktor seperti kurangnya pemahaman konsep, keterbatasan keterampilan spasial, metode pengajaran yang monoton, serta kecemasan terhadap matematika menjadi penyebab utama. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pendekatan yang terintegrasi, mulai dari penggunaan media pembelajaran visual, pendekatan kontekstual, hingga pembelajaran berbasis proyek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...