Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual pada materi berbasis kontekstual siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini dilakukan di SDN 23 Batara. Objek penelitian adalah media pembelajaran audio visual yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Adapun design media tersebut berupa media pembelajaran audio visual pada materi puisi. Untuk kevalidan media pembelajaran audio visual yang divalidasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli media dengan nilai 75% (kategori valid), ahli materi dengan nilai 77,77% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai 88,88% (kategori sangat valid), sedangkan untuk praktikalitas dari guru kelas V dengan nilai 93,18% (sangat praktis) dan hasil praktikalitas yang melibatkan 29 orang siswa memperoleh nilai 90,30% (sangat praktis). Namun, untuk itu penyebaran dilakukan di platfrom YouTube dan SDN 23 Batara.
Copyrights © 2025