Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD pada materi “Indonesiaku Kaya Raya” dalam mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Subjek penelitian terdiri dari 44 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, serta observasi aktivitas siswa. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, Wilcoxon, Paired Sample T-Test, dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes yang digunakan valid (r = 0,318–0,737; Sig. < 0,05) dan reliabel (α = 0,899). Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan Z = -3,639 (p = 0,000) untuk soal isian dan Z = -2,722 (p = 0,006) untuk soal uraian. Uji Paired Sample T-Test dan ANOVA juga mendukung temuan tersebut. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 73,81 menjadi 84,86, dengan selisih 11,05 poin. Dari aspek aktivitas belajar, terjadi peningkatan rata-rata dari 57,6% menjadi 82,7%, dengan selisih 25,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Disarankan agar guru menerapkan model ini sebagai strategi pembelajaran inovatif berbasis teknologi dan keterlibatan aktif siswa.
Copyrights © 2025