PRIMER: Journal of Primary Education Research
Vol. 3 No. 2 (2025): Journal of Primary Education Research

Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Ismaya, Euis (Unknown)
Roheni (Unknown)
Suteja (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2025

Abstract

Kemampuan berhitung siswa SDN Kemakmuran 2 terutama dalam perkalian, masih rendah. Penyebabnya adalah kurangnya pemahaman konsep, antusiasme belajar yang rendah, dan kesulitan menghafal. Salah satu metode yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kemakmuran 2. Dengan teknik sampling simple random sampling, sample yang digunakan adalah siswa kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan 3B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berhitung berupa uraian dan lembar observasi siswa dalam penerapan metode jarimatika. Setelah diberikan perlakuan pembelajaran yang berbeda, diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 76,67 dan kelas kontrol 66,43. Hasil uji parasyarat menunjukkan data tidak berdistibusi normal, kemudian dilanjutkan melalui uji Mann-Withney. Hasil analisis Mann-Withney yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,028 yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil Mann-Withney tersebut menujukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berhitung anatara kelas eksperimen yang mengguanakan metode jarimatika dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primer

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

RIMER: Journal of Primary Education Research focuses on the development of science, innovation, and best practices in the field of basic education covering various aspects, such as curriculum, teaching methods, educational management, and cognitive, emotional, and social development of students at ...