Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 8 No. 4 (2025): November

Penguatan Literasi Digital Calon Guru SD/MI melalui Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz

Maimun, Maimun (Unknown)
Bahtiar (Unknown)
Jannah, Zuhrupatul (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut calon guru SD/MI memiliki literasi digital yang memadai agar mampu merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar calon guru masih mengalami keterbatasan dalam menguasai media digital yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan literasi digital calon guru SD/MI melalui workshop pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz, khususnya pemanfaatan fitur lesson. Kegiatan dilaksanakan pada 2 September 2025 di Kampus UIN Mataram dengan melibatkan calon guru PGMI FTK sebagai subjek. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan persiapan, pelaksanaan workshop, pendampingan, serta evaluasi melalui observasi dan angket respon peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman, keterampilan, dan motivasi calon guru dalam mengintegrasikan media interaktif ke dalam praktik pembelajaran. Respon peserta juga menggambarkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap materi, metode penyampaian, serta relevansi kegiatan dengan kebutuhan mereka. Temuan ini menegaskan urgensi pelaksanaan pelatihan berkelanjutan untuk mempersiapkan calon guru menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 serta memperkuat kompetensi digital sebagai bekal profesionalitas mereka di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...