Center of Knowledge
Volume 5 Nomor 2 Agustus 2025 | IN PRESS

Pelatihan Pengembangan Modul Ajar untuk Pembelajaran Mendalam Melalui Integrasi Model Inkuiri dan Pendekatan Saintifik Bagi Guru

Handoko, Handoko (Unknown)
Siregar, Rabiyatul Adawiyah (Unknown)
Hariri, Hasan (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)
Monica, Mega Aria (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan guru-guru SMK dalam mengembangkan modul pembelajaran berbasis model inkuiri terpadu dan pendekatan saintifik. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam mengembangkan modul yang inovatif dan memenuhi tuntutan Kurikulum Merdeka serta kebutuhan siswa abad 21. Pelatihan dilakukan melalui lokakarya dan pendampingan intensif yang meliputi penyampaian materi, persiapan praktikum, simulasi penerapan, dan umpan balik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang modul pembelajaran yang kontekstual, kreatif, dan aplikatif, sehingga mendukung pelaksanaan pembelajaran yang mendalam dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jesst

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA). Jurnal ini mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma ...