Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian desain produk media pembelajaran PIZZA POTATO CHIPS dengan kerangka pedagogis Konstruktivisme Sosial Vygotsky dan Sintaks Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Media ini dirancang untuk memperkuat empat keterampilan abad ke-21 (4C): Berpikir Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, dan Komunikasi, berdasarkan temuan awal rendahnya keterampilan 4C dan self-efisiensi siswa SMA di Pasuruan pada materi Batas Fungsi Aljabar. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan fokus pada Analisis Dokumen desain dan Expert Judgment naratif dari pakar. Hasilnya menunjukkan bahwa media desain, yang merepresentasikan 4 varian rasa/tema 4C, dinyatakan Sangat Sesuai (High Design Fidelity). Kesesuaian ini dicapai melalui integrasi Konstruktivisme dengan menyediakan scaffolding diferensiasi dan memaksimalkan interaksi sosial di dalam Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), kontekstualisasi PjBL dengan menguraikan Driving Question Limit Fungsi Aljabar yang autentik dan terintegrasi Etnomatematika Pasuruan, serta penguatan afektif melalui metafora visual Pizza dan Chips untuk mengatasi batas miskonsepsi dan meningkatkan efikasi diri. Kesimpulannya, desain media PIZZA POTATO CHIPS memiliki fondasi filosofis dan metodologis yang kuat untuk diimplementasikan, dengan potensi signifikan untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa secara terstruktur dan komprehensif. Penelitian ini mendukung SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dengan menciptakan inovasi pembelajaran yang relevan dengan tuntutan abad ke-21.
Copyrights © 2023