Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media TikTok terhadap peningkatan minat maharah kalam siswa kelas X B MA Walisongo Rejoso Pasuruan. Kurangnya latihan maharah kalam selama pelajaran berlangsung saat di dalam kelas mengakibatkan siswa tidak terbiasa dan merasa malu untuk berbicara menggunakan bahasa Arab (maharah kalam). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Data dalam penelitian ini diperoleh dari dokumentasi, pre-test post-test yang keduanya berupa kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 yang terdiri dari siswa kelas X B MA Walisongo. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh media TikTok terhadap peningkatan minat maharah kalam siswa kelas X B MA Walisongo Rejoso Pasuruan. Hal ini terbukti hasil uji Regresi diperoleh dengan signifikasi <0,05, yakni 0,045 yang menunjukkan adanya pengaruh media TikTok terhadap peningkatan minat maharah kalam siswa kelas X B MA Walisongo.
Copyrights © 2025