Penguasaan kosakata merupakan dasar penting dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Namun, siswa SDN 1 Pulau Mambulau masih menghadapi kendala dalam memahami dan mengingat kosakata akibat metode pembelajaran yang monoton. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui penerapan permainan Spelling Bee sebagai bentuk Game-Based Learning (GBL). Metode yang digunakan adalah Participatory Learning and Action (PLA) yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan selama tiga kali pertemuan dengan tahapan pengenalan alfabet, pengenalan kosakata benda di kelas, dan pelaksanaan permainan Spelling Bee. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 34,38 pada pre-test menjadi 74,38 pada post-test, serta peningkatan motivasi, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa Inggris. Temuan ini menegaskan bahwa metode permainan Spelling Bee efektif dalam memperkuat penguasaan kosakata sekaligus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025