Latar belakang penelitian ini kurangnya penanaman nilai karakter peserta didik untuk menerapkn perilaku religius. Tujuan dari penelitian ini menggambarkan cara guru menanamkan nilai karakter religius siswa kelas X di SMAN 5 Bengkulu Selatan dan untuk mendeskripsikan nilai karakter religius apa saja yang ditanamkan kepada siswa kelas X di SMAN 5 Bengkulu Selatan. Penulis mengunakan jenis kualitatif dengan teknikpengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari pada penelitian yaitu siswa kelas X, guru Agama dan Kepala Sekolah. Untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitaif. Hasil penelitian ini untuk mengetahui guru menanamkan karakter religius dan untuk mengetahui nilai karakter apa saja yang ditanamkan peserta didik yaitu berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membiasahkan siswa membacakan surat-surat pendek dan tadarusan. Maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam menanamakan nilai-nilai karakter religius dengan empat metode yaitu metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, hukuman, adapun juga nilai karakter religius yang ditanamkan yaitu nilai aqidah, nilai akhlak, nilai disiplin, dan nilai kejujuran.
Copyrights © 2025