Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI SEKOLAH PINGGIR SUNGAI

Anggreani, Chresty (Unknown)
Maimunah (Unknown)
Celia Cinantya (Unknown)
Ratna Purwanti (Unknown)
Aslamiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2025

Abstract

Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Banjarmasin Utara adalah TK yang terletak di pinggiran sungai yang mengimplementasikan program PAUD Holistik Integratif (HI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan PAUD HI di TK Negeri Pembina Banjarmasin Utara. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa TK Negeri Pembina Banjarmasin Utara telah mengimplementasikan layana PAUD HI yang meliputi: layanan pendidikan, layanan kesehatan, gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan, dan layanan kesejahteraan. Satuan pendidikan juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa mitra yaitu: orang tua, dinas kesehatan, dinas pendidikan, pemadam kebakaran, dan juga perpustakaan daerah. Dengan demikian, melalui komitmen bersama antara sekolah, orang tua, dan mitra diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan mendukung tumbuh kembang anak secara meneyluruh demi terwujudnya anak yang sehat cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...