Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

IMPLEMENTASI MODEL DAN PENDEKATAN PERENCANA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM

Abdul Vickram Makau (Unknown)
Azizurahman (Unknown)
Musthofa Husein (Unknown)
Nurhayati (Unknown)
Zufriyatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2025

Abstract

Perencanaan pembelajaran merupakan aspek penting dalam keberhasilan proses pendidikan, khususnya di lembaga pendidikan dasar Islam yang berorientasi pada pembentukan karakter dan akhlak mulia. Masalah yang sering muncul adalah masih adanya guru yang menyusun rencana pembelajaran secara administratif tanpa memperhatikan kebutuhan peserta didik dan nilai-nilai kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model dan pendekatan perencanaan pembelajaran yang diterapkan di MI Iskandar Muda Sekupang Kota Batam serta dampaknya terhadap kualitas proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru kelas, dan guru bidang studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Iskandar Muda menerapkan kombinasi model Tyler dan ASSURE dalam menyusun RPP, dengan pendekatan Scientific Approach dan CTL yang berpusat pada peserta didik. Implementasi model dan pendekatan tersebut mendorong pembelajaran yang lebih aktif, bermakna, dan bernuansa Islami. Faktor pendukung utama meliputi kepemimpinan kepala madrasah yang visioner dan budaya kerja kolaboratif antar guru, sedangkan kendala ditemukan pada keterbatasan waktu serta variasi kemampuan teknologi guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran yang sistematis, kontekstual, dan berbasis nilai Islam mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di MI Iskandar Muda Sekupang Kota Batam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...