Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

INTEGRASI NILAI SYURA DAN MODEL BACKWARD DESIGN DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SERTA STRATEGI PEMBELAJARAN TRADISIONAL DAN MODERN

Inayah Rahmayani Mutmainnah (Unknown)
Mutiara Haya Afifah (Unknown)
Shinta Adha Selina (Unknown)
Nurhayati (Unknown)
Kamarul Zaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengintegrasikan strategi pembelajaran tradisional dan modern dalam pendidikan Islam di SDIT At-Taubah Batam agar proses pembelajaran tetap relevan dengan perkembangan zaman tanpa kehilangan nilai-nilai spiritual Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana efektivitas penerapan strategi pembelajaran dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran tradisional dan modern serta implementasi model Backward Design yang terintegrasi dengan nilai-nilai syura dalam perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan observasi lapangan, dengan mengkaji 25 sumber ilmiah nasional dan internasional Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran modern yang dipadukan dengan pendekatan tradisional terbukti meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Islam, terutama melalui penerapan model Backward Design, yang menekankan perencanaan berbasis hasil belajar dan nilai musyawarah. Kesimpulannya, integrasi nilai-nilai syura dan Backward Design merupakan inovasi penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT At-Taubah Batam karena mampu membentuk peserta didik yang berpengetahuan luas, berakhlak mulia, dan adaptif terhadap tantangan pendidikan modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...