Al-Nahyan : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol. 2 No. 1 (2025): Al-Nahyan : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Dinamika Komunikasi Persuasif dalam Media Massa: Teknik, Strategi, dan Pengaruh terhadap Perilaku Masyarakat

Saputra, M. Reza (Unknown)
Hidayat, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi komunikasi persuasif dalam media massa, yang melibatkan televisi, radio, internet, dan media cetak. Dalam masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi, media massa memainkan peran penting dalam membentuk persepsi, sikap, dan perilaku individu. Melalui teknik-teknik persuasi seperti narasi dan penggunaan tokoh terkenal, media massa mampu mempengaruhi audiens secara luas dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis isi, dan observasi untuk mengungkap dinamika persuasi dalam media massa dan dampaknya terhadap masyarakat. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman kritis tentang strategi persuasi sangat penting agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh manipulasi media.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al_nahyan

Publisher

Subject

Religion Arts Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-Nahyan: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah jurnal nasional peer-review dengan tujuan utama menerbitkan artikel-artikel terbaru dan orisinal dari akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang Dakwah Kontemporer, Penyiaran, Komunikasi Massa, Jurnalisme, Hubungan Masyarakat, Public Speaking, ...