Jurnal Dialektika Pendidikan IPS
Vol. 3 No. 2 (2023): Issue

Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Perubahan Sosial Sebagai Bahan Ajar Pendukung Mata Pelajaran IPS Kelas IX UPT SMPN 27 Gresik

Monikasari, Laora (Unknown)
Larasati, Dian Ayu (Unknown)
Khotimah, Kusnul (Unknown)
Imron, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada saat melakukan observasi selama pelaksanaan program PLP di UPT SMPN 27 Gresik, peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran IPS pada materi perubahan sosial kelas IX. Hal tersebut disebabkan karena kekurangan bahan pendukung yang digunakan selama pembelajaran. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi yang kurang optimal juga menyebabkan guru belum bisa mengembangkan bahan pendukung pendukung sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Liveworksheet pada materi perubahan sosial mata pelajaran IPS peserta didik kelas IX UPT SMPN 27 Gresik sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran pendukung selama pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap perancangan produk dan tahap penilaian. Untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis Liveworksheet, gunakan teknik pengumpulan data melalui lembar validasi ahli media dan ahli materi. Untuk melakukan uji kepraktisan produk dilakukan melalui lembar keterlaksanaan. Presentase kelayakan produk pengembangan oleh ahli media dan ahli materi memperoleh total skor rata-rata sebesar 94,65%. Hasil uji coba produk melalui uji coba terbatas menggunakan satu kelas yaitu kelas IX-C memperoleh hasil kepraktisan sebesar 96%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PENIPS

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Dialektika Pendidikan IPS merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi S1 ​​Pendidikan IPS FISH Unesa, Surabaya. Adapun fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran IPS, Penelitian ...