Jurnal Dialektika Pendidikan IPS
Vol. 5 No. 1 (2025): issue

Analisis Pameran Budaya Sebagai Peningkatan Kebhinekaan Global Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Plus Al Fatimah Bojonegoro

Dilla Putri Liktaf (Unknown)
Sukma Perdana Prasetya (Unknown)
Sarmini (Unknown)
Katon Galih Setyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pameran budaya bertema "Bhineka Tunggal Ika" sebagai bagian dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam upaya meningkatkan kebhinekaan global di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro. Pendidikan yang berpusat pada peserta didik melalui Kurikulum Merdeka Belajar menekankan penguatan karakter dengan Profil Pelajar Pancasila, termasuk nilai-nilai kebhinekaan global. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa pameran budaya dalam proyek ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman budaya, toleransi, dan memperkuat identitas nasional. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung yang mendukung siswa untuk lebih menghargai perbedaan. Kesimpulannya, pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini memberikan dampak positif melalui perencanaan yang matang, kegiatan interaktif yang melibatkan seluruh siswa, dan evaluasi menyeluruh yang mendukung internalisasi nilai kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PENIPS

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Dialektika Pendidikan IPS merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi S1 ​​Pendidikan IPS FISH Unesa, Surabaya. Adapun fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran IPS, Penelitian ...