Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Vol. 6 No. 2 (2024): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi

Tradisi Ta'zir dalam Pendidikan Santri Generasi Z di Pondok Pesantren

Sholikhah, I’annatus (Unknown)
Kurniawan, Faizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Santri jenjang SMP dan SMA/SMK saat ini merupakan bagian dari generasi z. Hal ini kemudian menjadi tantangan bagi pesantren karena genarazi z cenderung mendapat stereotip negatif berupa perilakunya yang dianggap unik. Pesantren sebagai salah satu agen sosialisasi memiliki tugas menanamkan nilai norma keislaman bagi setiap santri. Salah satu alat untuk melakukan sosialisasi di pondok yaitu menggunakan tradisi ta’zir. Tradisi ta’zir menjadi salah satu cara pesantren untuk mensosialisasikan nilai-nilai keislaman pada pribadi santri. Maka pada penulisan artikel ini, penulis ingin mengetahui apakah tradisi ta’zir masih revelan dilakukan pada generasi z. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an dengan subjek informan santri jenjang SMP. Melalui penelitian kualitatif dengan metode wawancara penulis menemukan data bahwa tradisi ta’ziran masih efektif dilakukan kepada santri generasi z. Terbukti ada perubahan perilaku santri setelah mendapat ta’ziran. Secara umum terdapat tiga perubahan yang dirasakan satrisantri. Ketiga perubahan tersebut yaitu perubahan diri menjadi disiplin, perubahan diri menjadi lebih bertanggung jawab, dan behenti melakukan tindakan penyimpangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maharsi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sociologi contains scientific articles, theoretical and empirical studies resulting from research by students, academics, and practitioners in the field of Science and Applied Science Education which can be implemented in the context of science learning. The ...