Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Vol. 7 No. 1 (2025): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi

Pemanfaatan Situs Cagar Budaya Singa Ngenuh sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Kelas XI SMKN 1 Gunung Timang

Leluni, Sartika (Unknown)
Susanto, Yudi (Unknown)
Karso, Karso (Unknown)
Arianti, Silvia (Unknown)
Murae, Murae (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Rendahnya minat siswa SMKN 1 Gunung Timang dalam mengikuti pembelajaran sejarah mengakibatkan tujuan pembelajaran sejarah tidak tercapai. Hal ini disebabkan karena rendahnya kemampuan peserta didik di mata pelajaran sejarah, peserta didik kurang menyenangi pembelajaran sejarah karena peserta didik merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang disampaikan guru kepada peserta didik. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sekolah SMKN 1 Gunung Timang di atas, urgensi penelitian ini mengacu kepada pentingnya penggunaan materi sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui penggunaan Situs Cagar Budaya Singa Ngenuh sebagai sumber pembelajaran Sejarah Indonesia materi perang melawan kolonialisme di kelas XI SMKN 1 Gunung Timang, apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan situs cagar budaya Singa Ngenuh sebagai sumber pembelajaran sejarah, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dan untuk mengetahui relasi antara pemanfaatan situs sebagai sumber pembelajaran dengan pemahaman siswa. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Gunung Timang yang berada di Desa Ketapang. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket penelitian. Hasil dari penelitian diperoleh data bahwa situs cagar budaya Singa Ngenuh layak digunakan sebagai sumber pembelajaran sejarah, sarana dan prasarana pendukung serta materi terkait Singa Ngenuh masih minim, pemanfaatan situs cagar budaya Singa Ngenuh sebagai sumber pembelajaran sejarah dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maharsi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sociologi contains scientific articles, theoretical and empirical studies resulting from research by students, academics, and practitioners in the field of Science and Applied Science Education which can be implemented in the context of science learning. The ...