EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 6 (2025): Desember

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)

Hermainis, Hermainis (Unknown)
Santi, Nirmala (Unknown)
Amsari, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2025

Abstract

Masalah utama yang terjadi dalam pembelajaran adalah siswa belum fokus dan kurang semangat dalam belajar matematika. Terlihat pada saat pembelajaran siswa tidak antusias dalam mendengarkan penjelasan guru dan merasa bosan serta tidak termotivasi dalam belajar matematika. Hal ini jelas berakibat pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk itu, perlunya upaya untuk menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa seperti memberikan suatu tantangan berupa permainan atau perlombaan antar siswa atau dikenal dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model TGT terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa kelas VIII SMP N 12 Padang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Data motivasi belajar dianalisis dengan menggunakan persentase perolehan, sementara itu data hasil belajar menggunakan uji t dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berada pada kriteria tinggi dengan perolehan angka 81%. Selain itu, hasil uji statistik diperoleh nilai t sebesar 1,708 dengan nilai sig < nilai alpha (0,0465 < 0,05). Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...