Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengintegrasikan teknologi berbasis Artifical Intelegence (AI) melalui pelatihan pembuatan hands-on activity menggunakan AI dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Pemilihan topik pelatihan ini didasarkan pada hasil analisis situasi dan kebutuhan mitra di UPTD SDN 136 Barru yang menunjukkan bahwa guru-guru di sekolah tersebut masih menghadapi beberapa kendala dalam penerapan teknologi pendidikan. Berdasarkan observasi dan diskusi awal dengan pihak sekolah, ditemukan bahwa sebagian besar guru belum familiar dengan pemanfaatan berbagai platform AI seperti ChatGPT, Canva AI, dan Augmented Reality dalam pembuatan aktivitas pembelajaran yang bersifat eksploratif. Selain itu, minimnya pelatihan yang mengajarkan integrasi AI dengan pendekatan konkret seperti Concrete–Pictorial–Abstract (CPA) dan model TPACK menyebabkan guru kesulitan menggabungkan aspek teknologi, pedagogi, dan konten dalam proses belajar mengajar. Kegiatan dilaksanakan di UPTD SDN 136 Barru dan dihadiri oleh 10 orang guru. Metode pelaksanaan mencakup tahap sosialisasi, pelatihan teori dan praktik, pendampingan serta evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru terkait dengan penerapan AI dalam pembelajaran berbasis eksplorasi. Guru mampu membuat aktivitas pembelajaran menggunakan ChatGPT, Canva AI, dan Augmented Reality yang lebih interaktif dan kontekstual. Pengabdian ini berhasil memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dasar, serta memberikan dampak positif terhadap kesiapan guru menghadapi era pendidikan digital.Kata kunci: Hands-on activity, Artificial Intelegence, TPACK, pelatihan guru, pendidikan sekolah dasar
Copyrights © 2025