Penelitian ini mencoba mengeksplorasi kontribusi penghargaan dan kesejahteraan terhadap peningkatan mutu pendidikan, khususnya dalam hal mendorong motivasi, performa, serta loyalitas para pendidik, dengan mempertimbangkan realitas di Indonesia di mana kesejahteraan guru sering kali belum memadai dan mekanisme penghargaan yang adil serta berkelanjutan masih kurang optimal. Melalui pendekatan studi pustaka, kajian ini menggali berbagai sumhber literatur, artikel jurnal, dan temuan penelitian terdahulu yang berkaitan erat dengan isu penghargaan, kesejahteraan, serta kualitas pendidikan secara umum. Dari analisis tersebut, terlihat bahwa penghargaan berupa dalam bentuk materi atau non materi berperan penting untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan kerja guru saat mengajar, sedangkan kesejahteraan yang cukup memberikan mereka rasa aman dan stabilitas emosional agar bisa bekerja dengan lebih profesional dan inovatif. Kedua peran kesejahteraan maupun penghargaan saling mendukung dan memperkuat, sehingg menciptakan sebuah lingkaran positif yang langsung memengaruhi proses serta hasil pembelajaran siswa. Dengan demikian, kebijakan pendidikan harus secara konsisten menekankan keseimbangan antara pemberian penghargaan dan perbaikan kesejahteraanguru, demi membangun sistem pendidikan yang tidak hanya bermutu tinggi, tetapi juga adil dan dapat bertahan dalam jangka panjang.
Copyrights © 2025