JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Turunnya Minat Beli Konsumen Pada Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kuningan Jawa Barat

Selvianingrum, Meisar (Unknown)
Sadat, Andi Muhammad (Unknown)
Krissanya, Nofriska (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan turunnya minat beli konsumen pada jasa pengiriman PT Pos Indonesia Cabang Kuningan Jawa Barat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif serta menggunakan metode purposive sampling, yang melibatkan 104 responden yang berdomisili di wilayah Kuningan Jawa Barat. Dimensi minat beli yang diteliti mencakup minat eksploratif, minat referensial, minat preferensial, dan minat transaksional. Dimensi minat beli ini didukung oleh teori TPB yang mencakup attitude toward behavior, subjectives norms, dan perceived behavior control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi attitude toward behavior, perceived behavior control, minat referensial, minat preferensial memperoleh kategori "tidak baik" dan minat transaksional memperoleh kategori “sangat tidak baik”, sedangkan dimensi subjectives norms dan minat eksploratif berada dalam kategori "cukup baik". Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor utama penyebab turunnya minat beli yaitu, kualitas pelayanan yang belum memuaskan, rendahnya kepercayaan konsumen, dan minimnya loyalitas serta rekomendasi positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...