Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan turunnya minat beli konsumen pada jasa pengiriman PT Pos Indonesia Cabang Kuningan Jawa Barat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif serta menggunakan metode purposive sampling, yang melibatkan 104 responden yang berdomisili di wilayah Kuningan Jawa Barat. Dimensi minat beli yang diteliti mencakup minat eksploratif, minat referensial, minat preferensial, dan minat transaksional. Dimensi minat beli ini didukung oleh teori TPB yang mencakup attitude toward behavior, subjectives norms, dan perceived behavior control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi attitude toward behavior, perceived behavior control, minat referensial, minat preferensial memperoleh kategori "tidak baik" dan minat transaksional memperoleh kategori “sangat tidak baik”, sedangkan dimensi subjectives norms dan minat eksploratif berada dalam kategori "cukup baik". Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor utama penyebab turunnya minat beli yaitu, kualitas pelayanan yang belum memuaskan, rendahnya kepercayaan konsumen, dan minimnya loyalitas serta rekomendasi positif.
Copyrights © 2025