Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendampingan dan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semiāterstruktur dan kajian literatur dari buku serta artikel jurnal terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi dilakukan secara rutin setiap tiga bulan sebagai bentuk evaluasi dan pengembangan profesional guru. Supervisi berfungsi tidak hanya sebagai pengawasan administratif, tetapi juga sebagai sarana refleksi, kolaborasi, dan berbagi praktik baik antar guru. Kepala sekolah berperan aktif sebagai pembimbing dan motivator dengan menerapkan pendekatan mentoring dan coaching yang mendorong guru memperbaiki proses pembelajaran secara berkelanjutan. Kegiatan pelatihan dan workshop turut mendukung peningkatan kompetensi guru, meskipun masih terkendala keterbatasan fasilitas teknologi dan sarana pembelajaran. Secara keseluruhan, kegiatan pendampingan dan supervisi terbukti berkontribusi positif terhadap peningkatan profesionalisme guru, terutama dalam aspek kolaborasi, inovasi, dan refleksi pembelajaran.
Copyrights © 2025