Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kompetensi pedagogik berbasis literasi digital dalam mengelola keberagaman karakter peserta didik sekolah dasar di era digital. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar memiliki kompetensi pedagogik yang baik (77,5%) dan literasi digital yang cukup (72,8%). Namun, integrasi antara keduanya belum sepenuhnya optimal. Guru dengan tingkat literasi digital dan kompetensi pedagogik tinggi mampu menciptakan pembelajaran berbasis proyek digital yang menumbuhkan nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, dan empati. Sebaliknya, guru dengan kemampuan literasi digital rendah cenderung hanya menggunakan teknologi untuk menampilkan materi tanpa mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan literasi digital guru menjadi kunci penting dalam mengoptimalkan kompetensi pedagogik untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif, adaptif, dan berorientasi karakter di era digital.
Copyrights © 2025