JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Kompetensi Pedagogik Berbasis Literasi Digital dalam Pengelolaan Keberagaman Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar di Era Digital

Suri, Rilian Tsabitha (Unknown)
Gusti, Mutiara Deva (Unknown)
Nitara, Natasya Bunga (Unknown)
Aquilera, Alma (Unknown)
Sunyono, Sunyono (Unknown)
Siregar, Rabiatul Adawiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kompetensi pedagogik berbasis literasi digital dalam mengelola keberagaman karakter peserta didik sekolah dasar di era digital. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar memiliki kompetensi pedagogik yang baik (77,5%) dan literasi digital yang cukup (72,8%). Namun, integrasi antara keduanya belum sepenuhnya optimal. Guru dengan tingkat literasi digital dan kompetensi pedagogik tinggi mampu menciptakan pembelajaran berbasis proyek digital yang menumbuhkan nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, dan empati. Sebaliknya, guru dengan kemampuan literasi digital rendah cenderung hanya menggunakan teknologi untuk menampilkan materi tanpa mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan literasi digital guru menjadi kunci penting dalam mengoptimalkan kompetensi pedagogik untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif, adaptif, dan berorientasi karakter di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...