JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Efektivitas Metode Imitasi dan Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Pianika pada Tangga Nada 1 Kres bagi Siswa-Siswi Kelas XE SMAK Giovanni Kupang

Seran, Della Nasaria (Unknown)
Kojaing, Katharina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas metode imitasi dan drill dalam meningkatkan kemampuan bermain pianika pada tangga nada 1 kres pada siswa-siswi kelas XE SMAK Giovanni Kupang. Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada Siklus I diterapkan metode imitasi untuk melatih penjarian dasar, sedangkan Siklus II berfokus pada drill melalui latihan berulang. Data dikumpulkan lewat observasi dan catatan lapangan. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan yang jelas: pada Siklus I hanya 14 siswa (38,9%) yang mencapai ketuntasan, sementara pada Siklus II meningkat menjadi 30 siswa (83,3%). Perbaikan tampak pada kelancaran permainan, ketepatan nada, koordinasi jari, dan ritme. Temuan ini menegaskan bahwa metode imitasi dan drill efektif meningkatkan kemampuan bermain pianika pada tangga nada 1 kres.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...