Jurnal Inovasi Pendidikan Profesi Guru
Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Profesi Guru

Peningkatan Kemampuan Berwudhu dengan Menggunakan Metode Praktik Murid Kelas II di Sekolah Dasar Inpres Mantawa C

Ariyanti, Yuli (Unknown)
Naima, Naima (Unknown)
Alhasny, Chadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu siswa kelas II SD melalui penerapan metode praktik. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kendala yang dihadapi oleh siswa dalam melaksanakan wudhu dengan benar, baik dari segi urutan langkah maupun ketepatan dalam melaksanakan setiap tahapan wudhu. Observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa yang belum memahami dengan baik urutan dan cara yang benar dalam berwudhu, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD yang berjumlah 25 siswa. Metode praktik diterapkan dengan cara guru memberikan demonstrasi langsung tentang cara berwudhu yang benar, diikuti dengan praktik berulang oleh siswa di bawah bimbingan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, tes praktik wudhu, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode praktik secara signifikan meningkatkan kemampuan berwudhu siswa. Pada siklus pertama, kemampuan siswa dalam melaksanakan wudhu meningkat sebesar 40%, dan pada siklus kedua meningkat lagi sebesar 30%. Dengan demikian, total peningkatan kemampuan berwudhu siswa dari pra-siklus hingga akhir siklus kedua mencapai 70%. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan pemahaman tentang urutan dan syarat sahnya wudhu, serta peningkatan rasa percaya diri dalam melaksanakan wudhu secara mandiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jinpig

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Profesi Guru didedikasikan sebagai wadah publikasi hasil penelitian serta pengembangan wacana dalam isu-isu pendidikan dan profesi guru di Indonesia. Pengelola dengan hangat mengundang para guru, dosen, dan praktisi di bidang pendidikan untuk menyumbangkan kontribusi ...