Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kesulitan menulis permulaan yang dialami peserta didik kelas I di SD Negeri 02 Rasau Jaya. Fokus penelitian mencakup empat indikator utama, yaitu: (1) tulisan tidak terbaca, (2) terlambat dalam menulis, (3) bentuk huruf terbalik dan hilang, dan (4) kesalahan memegang pensil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan secara rinci setiap bentuk kesulitan berdasarkan hasil observasi langsung dan dokumentasi tulisan tangan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui yaitu observasi dan dokumentasi terhadap 25 peserta didik kelas I tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis permulaan , terutama pada aspek keterbacaan tulisan, kecepatan menulis yang rendah, bentuk huruf yang terbalik dan hilang, serta cara memegang pensil yang kurang tepat. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam memberikan pendampingan yang lebih tepat serta menjadi referensi untuk penelitian lanjutan terkait pembelajaran menulis pada jenjang awal sekolah dasar. Kata-kata Kunci: Kesulitan, Menulis Permulaan, Peseta didik kelas 1
Copyrights © 2025