Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 19 No 2 (2025): Jurnal Pendidikan UNIGA

Deskripsi Pemanfaatan Quizizz Oleh Guru Pada Siswa Kelas V Sdn 05 Sungai Raya

Muhammad Dza’kifu’adi, Muhammad Dza’kifu’adi (Unknown)
Dessy Setyowati (Unknown)
Yunika Afryaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Quizizz oleh guru dalam proses pembelajaran siswa kelas V di SDN 05 Sungai Raya. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya fokus dan partisipasi siswa saat pembelajaran konvensional berlangsung, yang berubah secara signifikan saat guru menggunakan Quizizz sebagai media evaluasi berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap guru kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan Quizizz secara terencana dengan mengintegrasikannya dalam modul ajar, memilih media yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, serta mengantisipasi hambatan teknis. Guru menganggap Quizizz efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti kesenjangan akses perangkat dan internet di kalangan siswa serta keterbatasan kegiatan lanjutan pasca-kuis. Kesimpulannya, pemanfaatan Quizizz dapat meningkatkan interaktivitas dan motivasi belajar siswa, tetapi diperlukan dukungan infrastruktur dan strategi lanjutan agar implementasinya lebih optimal.                                                       Kata Kunci: Quizizz, media pembelajaran, SDN 5 Sungai Raya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...