Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 4 (2025): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Hubungan Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Motivasi Akademik Mahasiswa Generasi Z

Febriyanti, Salma Ayu (Unknown)
Setiasih, Esti Nur (Unknown)
Salsabila, Selomita Dewi (Unknown)
Rhama, Bhayu (Unknown)
Thareq, Subhan Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan aplikasi TikTok dengan motivasi akademik mahasiswa Generasi Z. Perkembangan penggunaan TikTok sebagai platform berbasis video singkat telah meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan mahasiswa menjadi salah satu kelompok pengguna terbesar. Dalam konteks pendidikan tinggi, penggunaan media sosial yang tinggi berpotensi memengaruhi pola belajar, keterlibatan akademik, dan dorongan motivasional mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 101 mahasiswa Generasi Z yang merupakan pengguna aktif TikTok. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui angket daring menggunakan skala Likert 1–5 yang mengukur intensitas penggunaan TikTok dan motivasi akademik. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 26 melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item instrumen valid dan reliabel, data berdistribusi normal, serta hubungan kedua variabel memenuhi asumsi linearitas. Temuan utama memperlihatkan adanya hubungan positif dan signifikan antara intensitas penggunaan TikTok dan motivasi akademik mahasiswa Generasi Z, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.637 (p < 0.05). Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan TikTok terutama dalam konteks konten edukatif dan informatif semakin meningkat pula motivasi akademik mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan empiris mengenai perilaku digital mahasiswa serta memperkuat pemahaman mengenai peran media sosial sebagai sarana pendukung pembelajaran di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...