Senadika
Vol 1 No 1 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL AKADEMIK (SENADIKA) 2024

Hubungan Antara Pengetahuan Keanekaragaman Hayati Dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa

Syapira, Syapira (Unknown)
Pramadi, R. Ading (Unknown)
Yuliawati, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk menggambarkan pengetahuan siswa mengenai keanekaragaman hayati, mengetahui sikap peduli lingkungan siswa, dan menganalisis hubungan antara pengetahuan siswa mengenai keanekaragaman hayati dengan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini melibatkan populasi siswa kelas X di SMAN 25 Bandung dengan sampel sebanyak 71 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, berupa uji Korelasi Pearson dan uji Regresi Linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, pengetahuan siswa mengenai keanekaragaman hayati tergolong tinggi, sedangkan sikap peduli lingkungan siswa berada pada kategori baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pengetahuan keanekaragaman hayati dengan sikap peduli lingkungan siswa. Hubungan tersebut dikategorikan "cukup kuat” berdasarkan nilai korelasi (R) sebesar 0,423. Pengetahuan keanekaragaman hayati memberikan kontribusi sebesar 17,9% terhadap sikap peduli lingkungan, sedangkan 82,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENADIKA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Earth & Planetary Sciences Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik Universitas Abdurachman Saleh Situbondo merupakan sebuah forum ilmiah yang bertujuan untuk mempertemukan para akademisi, peneliti, mahasiswa, dan praktisi dalam membahas isu-isu strategis di bidang pendidikan, teknologi, ekonomi, dan sosial. Kegiatan ...