Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yakni bagaimana meningkatkan keterampilan bantu diri berpakaian anak melalui media busy board di KB Cahaya Hati Mopuya Utara dan bagaimana tahapan bermain media busy board dikelas KB Cahaya Hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bantu diri berpakaian anak menggunakan media busy board di KB Cahaya Hati dan untuk mengetahui bagaimana tahapan bermain busy board di KB Cahaya Hati. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada anak di KB Cahaya Hati Mopuya Utara, Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa siswi KB Cahaya Hati dengan jumlah 10 siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan pada pra siklus, terdapat 1 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas dengan memperoleh nilai rat-rata 49.93%. pada siklus I, terdapat 4 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak tutas dengan memperoleh nilai rata-rata 61.17%. dan terakhir pada siklus II terdapat 8 siswa yang tuntas dan 2 siswa tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81.08%. Dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan bantu diri berpakaian dapat meningkat melalui media busy board.
Copyrights © 2025