Variable Research Journal
Vol. 2 No. 01 (2025): JANUARI 2025

MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI PEMBELAJAR JURUSAN NON-BAHASA INGGRIS

Asfah, Indrawaty (Unknown)
Damayanti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Studi ini mengeksplorasi motivasi untuk belajar bahasa Inggris di antara siswa jurusan non-bahasa Inggris, dengan fokus khusus pada motivator instrumental dan integratif. Dengan menggunakan kuesioner, data dikumpulkan dari 137 peserta di Universitas Negeri Makassar untuk menilai motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris. Motivasi instrumental mengacu pada manfaat praktis belajar bahasa Inggris, seperti meningkatkan prospek karir dan kinerja akademik, sedangkan motivasi integratif berkaitan dengan keinginan untuk terhubung dengan budaya dan komunitas berbahasa Inggris. Temuan mengungkapkan bahwa motivasi instrumental (misalnya meningkatkan prospek pekerjaan adalah pendorong utama untuk studi bahasa Inggris mereka) serta motivasi integratif (misalnya keinginan untuk berkomunikasi dengan penutur asli dan terlibat dalam pertukaran budaya). Studi ini menyoroti perlunya strategi pendidikan yang mengatasi kedua jenis motivasi, mendorong pendekatan yang lebih seimbang untuk pembelajaran bahasa yang menumbuhkan keterampilan praktis dan apresiasi budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

VRJ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

This journal is dedicated to exploring and disseminating the results of various creative and innovative thoughts based on scientific research and thought processes. This journal focuses on: Humanities: Arts, History, Languages, Literature, Music, Philosophy, Religion, Theatre, etc. Social Sciences: ...