Variable Research Journal
Vol. 2 No. 03 (2025): JULI 2025

ANALISIS PERAN GURU DALAM MENDETEKSI DINI KECEMASAN BELAJAR PADA SISWA KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

Sulhijjah, Sulhijjah (Unknown)
Haslinda, Haslinda (Unknown)
Haisah, Haisah (Unknown)
Reski, Reski (Unknown)
Selfiana, Selfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Kecemasan belajar merupakan salah satu faktor yang menghambat perkembangan kognitif dan sosial siswa, khususnya pada jenjang awal sekolah dasar. Deteksi dini oleh guru menjadi penting karena mereka berinteraksi langsung dengan siswa setiap hari. Kajian ini bertujuan menganalisis peran guru dalam mendeteksi kecemasan belajar sejak dini berdasarkan literatur yang telah ada. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai referensi ilmiah terkait peran guru, psikologi pendidikan anak usia dini, dan kecemasan belajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memiliki posisi strategis dalam mengidentifikasi tanda-tanda awal kecemasan belajar melalui pengamatan perilaku, interaksi verbal, serta dinamika belajar siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya pelatihan guru dalam aspek psikologis agar mampu menangani kecemasan secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

VRJ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

This journal is dedicated to exploring and disseminating the results of various creative and innovative thoughts based on scientific research and thought processes. This journal focuses on: Humanities: Arts, History, Languages, Literature, Music, Philosophy, Religion, Theatre, etc. Social Sciences: ...