Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya
Vol. 30 No. 1 (2024): Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya

Gambar Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Tahun Pertama

Enis Fitriani (Unknown)
Trisnian Ifianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Peneliti lebih fokus pada keterampilan berbicara dalam kelas Basic English Speaking karena berbicara dianggap sebagai keterampilan yang sulit dan rumit untuk dipelajari oleh mahasiswa tahun pertama. Dalam berbicara, mereka harus menghasilkan ide, kata-kata, kalimat sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dengan menggunakan gambar tematik; dan untuk mendeskripsikan hasil penggunaan media gambar tematik dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa di kelas Basic English Speaking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa penggunaan gambar tematik secara keseluruhan dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Hal ini dapat dilihat melalui tindakan siklus I dan siklus II yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara. Pada siklus I dan juga observasi keterampilan berbicara mahasiswa menggunakan media gambar menunjukkan 15 atau 48% mahasiswa nilainya di bawah kriteria ketuntasan studi. Nilai mahasiswa pada siklus II meningkat dibandingkan pada siklus I. Hasil rata-rata kelas mencapai 85%. Oleh karena itu, gambar tematik dapat membantu mahasiswa belajar berbicara dengan lebih mudah. Para peneliti menyarankan kepada dosen untuk membuat inovasi baru dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya is a reputable scientific journal that has been recognized by SINTA with a ranking of 5. Published two times a year (January-June and July-December), the journal accommodates a variety of scientific articles that explore contemporary ...