Peneliti lebih fokus pada keterampilan berbicara dalam kelas Basic English Speaking karena berbicara dianggap sebagai keterampilan yang sulit dan rumit untuk dipelajari oleh mahasiswa tahun pertama. Dalam berbicara, mereka harus menghasilkan ide, kata-kata, kalimat sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dengan menggunakan gambar tematik; dan untuk mendeskripsikan hasil penggunaan media gambar tematik dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa di kelas Basic English Speaking. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa penggunaan gambar tematik secara keseluruhan dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Hal ini dapat dilihat melalui tindakan siklus I dan siklus II yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara. Pada siklus I dan juga observasi keterampilan berbicara mahasiswa menggunakan media gambar menunjukkan 15 atau 48% mahasiswa nilainya di bawah kriteria ketuntasan studi. Nilai mahasiswa pada siklus II meningkat dibandingkan pada siklus I. Hasil rata-rata kelas mencapai 85%. Oleh karena itu, gambar tematik dapat membantu mahasiswa belajar berbicara dengan lebih mudah. Para peneliti menyarankan kepada dosen untuk membuat inovasi baru dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024