ATH-THALIB
Vol 2 No 1 (2024): ATH-THALIB

Strategi Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam: Studi Kepustakaan

Widhi Hantari, Dewinta (Unknown)
Yunina, Melyta (Unknown)
Desi, Nepita (Unknown)
Septiana, Ana (Unknown)
Eva Yanti, Desi (Unknown)
Sopiyati, Sopiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kecerdasan majemuk anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam melalui studi kepustakaan. Kecerdasan majemuk yang mencakup berbagai dimensi seperti linguistik, logis-matematis, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan spiritual, sangat penting dikembangkan secara holistik sejak dini. Pendidikan Islam memberikan landasan nilai yang kuat untuk mengintegrasikan pengembangan kecerdasan tersebut dengan pembentukan karakter dan akhlak mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pendidikan Islam dilaksanakan melalui pembelajaran yang variatif dan adaptif, seperti permainan Islami, seni kaligrafi, aktivitas sosial keagamaan, dan penghafalan doa. Peran guru sebagai uswah hasanah menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pembelajaran ini. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran PAUD Islam yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan potensi anak secara menyeluruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ATH-THALIB

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus” merupakan platform publikasi jurnal yang mewadahi naskah penelitian dari mahasiswa STIT Tanggamus, namun tidak terbatas pada institusi tersebut. Ath-Thalib mulai diresmikan pada tahun 2023 diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada ...