ATH-THALIB
Vol 2 No 1 (2024): ATH-THALIB

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kurikulum PAUD: Tinjauan Literatur

Anggraini, Wardah (Unknown)
Lestari, Meli (Unknown)
Nur Kholifah, Siti (Unknown)
Umroh, Wanatul (Unknown)
Yunida, Yunida (Unknown)
Apriyanti, Apriyanti (Unknown)
Eriyani, Eriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui studi pustaka dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Fokus penelitian ini meliputi identifikasi nilai-nilai Islam yang relevan, integrasinya dalam tujuan kurikulum, pelaksanaan dalam proses pembelajaran, serta peran guru dan lingkungan. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti akidah, ibadah, akhlak, dan sosial dapat diinternalisasikan melalui pendekatan tematik, metode pembelajaran aktif, dan kegiatan pembiasaan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Peran guru sebagai teladan serta keterlibatan orang tua menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan integrasi nilai tersebut. Meskipun terdapat tantangan, seperti kurangnya media pembelajaran Islami dan keterbatasan pemahaman guru, solusi melalui pelatihan, pengembangan media, dan kolaborasi lintas lembaga dapat mengatasi hambatan tersebut. Kajian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pendidikan Islam anak usia dini serta menawarkan rekomendasi praktis bagi pelaku pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ATH-THALIB

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus” merupakan platform publikasi jurnal yang mewadahi naskah penelitian dari mahasiswa STIT Tanggamus, namun tidak terbatas pada institusi tersebut. Ath-Thalib mulai diresmikan pada tahun 2023 diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada ...