Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 No. 4 Tahun 2025

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 NGEMPLAKSENENG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Komariyah, Umi (Unknown)
Basuki, Basuki (Unknown)
Herawati, Nanik (Unknown)
Hersulastuti, Hersulastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngemplakseneng melalui penerapan pendekatan Whole Language. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru dan siswa, tes keterampilan membaca pemahaman, serta dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan ketercapaian indikator keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah diterapkannya pendekatan Whole Language. Pada siklus I, 71,43% siswa mencapai nilai ≥75, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Peningkatan ini membuktikan bahwa pendekatan Whole Language yang mengintegrasikan kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis secara terpadu dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...