Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 No. 4 Tahun 2025

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TASKOMBANG TAHUN PELAJARAN 2025/2026

Ujiyanti , Murni (Unknown)
Setiyadi , Dwi Bambang Putut (Unknown)
Tukiyo, Tukiyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V SD Negeri 3 Taskombang Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten melalui penerapan metode Estafet Writing. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan menulis siswa yang ditunjukkan oleh hasil observasi awal, di mana hanya 2 dari 19 siswa yang terampil menulis sesuai kaidah EYD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas V. Data diperoleh melalui observasi aktivitas belajar dan penilaian keterampilan menulis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap aktivitas belajar dan kemampuan menulis siswa setelah penerapan metode Estafet Writing. Pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan menulis siswa sebesar 56,67 dengan ketuntasan 21,06%, sedangkan pada siklus II meningkat hingga mencapai ketuntasan klasikal di atas 85%. Penerapan metode Estafet Writing terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa dalam menulis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...