Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan YouTube terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri 3 Somopuro Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design, di mana satu kelompok diuji sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi siswa sebelum perlakuan berada pada kategori sangat rendah, ditunjukkan oleh persentase kategori baik hanya 5% dan kurang baik mencapai 95%. Setelah penggunaan YouTube dalam pembelajaran, terjadi peningkatan yang signifikan pada kualitas tulisan siswa. Persentase hasil belajar meningkat menjadi 25% kategori sangat baik, 65% baik, 10% cukup, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori kurang baik. Uji hipotesis menghasilkan nilai thitung sebesar 18,44, yang jauh lebih tinggi dibandingkan ttabel sebesar 2,093. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan YouTube berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi. Temuan ini menegaskan bahwa YouTube dapat menjadi media pembelajaran yang efektif, menarik, dan mampu membantu siswa memahami struktur, ide, serta penyusunan teks narasi dengan lebih baik.
Copyrights © 2025