Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan edukatif Monopoli Cerdas sebagai sarana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RD) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi sampai tahap Develop. Subjek uji coba adalah 20 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dawe. Media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor rata-rata sebesar 88,3% dan 87,5% (kategori sangat layak). Efektivitas media diuji secara kuantitatif menggunakan pretest dan posttest, dengan hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,573 yang berada pada kategori sedang. Kepraktisan media diukur melalui angket siswa dan menghasilkan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 86,6% (kategori sangat praktis). Hasil menunjukkan bahwa media ini mendorong siswa berpikir kritis melalui permainan interaktif yang menyenangkan dan kontekstual. Dengan demikian, Monopoli Cerdas layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA yang interaktif dan efektif untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025