Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 106804 PERCUT

Fitri, Aida (Unknown)
Sembiring, Masta Marselina (Unknown)
Halimatussakdiah (Unknown)
Tiarnita Maria Sarjani (Unknown)
Edizal Hatmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SDN 106804 Percut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 106804 Percut telah berjalan dengan baik, dengan penerapan metode pembelajaran yang variatif dan interaktif sehingga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, baik dalam aspek membaca, menulis, mendengarkan, maupun berbicara dengan nilai post-test siswa kelas eksperimen 88,56, sedangkan pada kelas kontrol 80,35. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana yang perlu diperbaiki untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar hasil belajar Bahasa Indonesia semakin meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...