Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SDN 106804 Percut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 106804 Percut telah berjalan dengan baik, dengan penerapan metode pembelajaran yang variatif dan interaktif sehingga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, baik dalam aspek membaca, menulis, mendengarkan, maupun berbicara dengan nilai post-test siswa kelas eksperimen 88,56, sedangkan pada kelas kontrol 80,35. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana yang perlu diperbaiki untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar hasil belajar Bahasa Indonesia semakin meningkat.
Copyrights © 2025