Masalah sampah rumah tangga, khususnya limbah minyak jelantah, menjadi isu penting yang berdampak pada pencemaran lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains dan kepedulian lingkungan siswa sekolah dasar melalui pengolahan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 24 siswa kelas V SD. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui tahapan pembelajaran berbasis proyek, mulai dari pengamatan, diskusi, praktik pembuatan lilin, hingga presentasi hasil. Data dikumpulkan melalui observasi, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87,5% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di atas 75, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dalam pengolahan limbah minyak jelantah dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa sekaligus menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya pengelolaan lingkungan. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan untuk membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan dan meningkatkan literasi sains secara menyeluruh.
Copyrights © 2025