Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep perubahan wujud zat pada siswa kelas IV SD 105 Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dirancang untuk mengukur pemahaman siswa setelah mengikuti kegiatan eksperimen. Kegiatan eksperimen dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan es batu sebagai media utama untuk mengamati perubahan wujud zat dari padat ke cair dan cair ke gas. Data diperoleh melalui hasil pengerjaan soal pilihan ganda dan esai yang dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode eksperimen mengalami peningkatan pemahaman konsep secara signifikan. Nilai rata-rata keseluruhan berada pada kategori “Baik” hingga “Sangat Baik”, membuktikan bahwa metode eksperimen efektif dalam membangun pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir ilmiah siswa secara aktif dan menyenangkan.
Copyrights © 2025