AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang diintegrasikan dengan pemanfaatan media miniatur gunung berapi dalam upaya meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman konseptual siswa kelas IV SD pada materi letusan gunung berapi di SDN 147 Pekanbaru. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dipilih sebagai metodologi penelitian untuk mengkaji fenomena secara mendalam dalam konteks alami. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IV yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif untuk mengamati interaksi dan keaktifan siswa, tes diagnostik dan formatif untuk mengukur pemahaman konsep, serta dokumentasi visual (foto dan video) sebagai bukti pendukung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL yang didukung oleh media miniatur gunung berapi berjalan sangat efektif. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan pada tingkat partisipasi siswa dalam setiap tahapan pembelajaran, serta adanya peningkatan yang substansial pada pemahaman konseptual mereka terhadap materi letusan gunung berapi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah yang dikombinasikan dengan media miniatur gunung berapi tidak hanya memberikan pengaruh positif terhadap keterlibatan siswa, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kualitas pemahaman mereka terhadap materi IPAS yang kompleks.
Copyrights © 2025