Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Ardiansyah, Firdaus (Unknown)
Fendrik, Muhammad (Unknown)
Antosa, Zariul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan monopoli berbasis etnomatematika pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media monopoli berbasis etnomatematika yang valid digunakan sebagai media pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar kelas V pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan mengguanak model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, impelementasi, evaluasi). Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil validasi kelayakan produk dari validator ahli media dan ahli materi yang menyatakan bahwa produk media permainan monopoli berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dengan perolehan persentase rata-rata validator ahli media sebesar 83,33% dan validator materi sebesar 89,06% dengan kategori sangat layak. Untuk uji respon guru memperoleh persentase rata-rata sebesar 94,44% dengan kategori sangat praktis.Untuk uji coba One to One dilakukan kepada 3 orang siswa yang dipilih secara acak yang memperoleh rata-rata persentase skor sebesar 97,08% dengan kategori saangat praktis. Untuk uji coba kelompok kecil dilakukan dengan memberikan angker respon siswa kepada 9 orang siswa kelas V A yang mendapatkan rata-rata persentase skor sebesar 89,58% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan pada uji coba kelompok besar dilakukan kepada seluruh siswa kelas V A dan mendapatkan rata-rata persentase skor sebesar 88,78% dengan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...