Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI TK STRADA MGR. SUGIYOPRANOTO, SJ

Wijayanti, Yosephine (Unknown)
Bahtiar (Unknown)
Putra, I Made Suardana (Unknown)
Imamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kepercayaan diri anak melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di TK Strada Mgr. Sugiyopranoto, SJ. Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial-emosional anak usia dini, yang dapat ditumbuhkan melalui pengalaman positif dan dukungan lingkungan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek lima anak peserta ekstrakurikuler tari dan dua guru pembimbing. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tari mampu meningkatkan keberanian anak dalam berekspresi, tampil di depan umum, serta berinteraksi dengan teman sebaya. Proses latihan rutin, apresiasi guru, dan dukungan teman turut memperkuat rasa percaya diri anak. Dengan demikian, ekstrakurikuler tari berperan efektif sebagai sarana pengembangan kepercayaan diri di lingkungan pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...