Salah satu keterampilan utama yang harus diasah dalam pembelajaran matematika abad ke-21 adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Pembelajaran di sekolah saat ini masih berorientasi pada penerapan rumus dan langkah-langkah prosedural semata, sehingga siswa kesulitan memahami konsep secara menyeluruh. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menelaah efektivitas pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) berbantuan Cabri 3D dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam pembelajaran geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX SMPN 24 Kota Jambi, yang terdiri atas dua kelompok: kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran TPACK berbantuan Cabri 3D dan kelas kontrol yang menerima pembelajaran secara konvensional. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes HOTS dan lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data menggunakan uji-t pada SPSS menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan bermakna antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TPACK berbantuan Cabri 3D efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Integrasi antara aspek teknologi, pedagogi, dan konten melalui penggunaan Cabri 3D memudahkan pemahaman konsep geometri secara visual, memperkuat kemampuan analitis dan kritis, serta menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan melibatkan peserta didik secara aktif.
Copyrights © 2025