Nasir: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 2 (2025)

Penerapan Model The Power of Two Berbantuan Media Surprise Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Fitrianti (Unknown)
Kartini (Unknown)
Nilam Permatasari Munir (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 45 Padang Alipan Kota Palopo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan model pembelajaran The Power of Two berbantuan media Surprise Box. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 31 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus I dengan rata-rata 12 (60%) kategori kurang baik menjadi 16,33 (81,67%) kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar peserta didik juga meningkat dari nilai rata-rata 72 dengan ketuntasan 74,19% pada siklus I menjadi 76 dengan ketuntasan 84% pada siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa kombinasi model The Power of Two dengan media Surprise Box efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi mengenal shalat Jum'at, Dhuha, dan Tahajud.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nasir

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Nasir: Jurnal Pendidikan Islam merupakan jurnal ilmiah yang membahas tentang sejarah dan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian lapangan, penelitian literatur dan diskusi ilmiah tentang perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dalam disiplin ilmu dan ...