Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 45 Padang Alipan Kota Palopo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan model pembelajaran The Power of Two berbantuan media Surprise Box. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 31 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus I dengan rata-rata 12 (60%) kategori kurang baik menjadi 16,33 (81,67%) kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar peserta didik juga meningkat dari nilai rata-rata 72 dengan ketuntasan 74,19% pada siklus I menjadi 76 dengan ketuntasan 84% pada siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa kombinasi model The Power of Two dengan media Surprise Box efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi mengenal shalat Jum'at, Dhuha, dan Tahajud.
Copyrights © 2025